Manfaat Lemon Untuk Wajah Bopeng

Manfaat Lemon Untuk Wajah Bopeng

Lemon atau yang dikenal sebagai buah rasa kecut dan berwarna kuning cerah ini, menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah yang tak perlu diragukan lagi, salah satunya ialah untuk mengatasi bopeng dan flek hitam bekas jerawat.

Bolehkah pakai lemon untuk jerawat?

Menurut penelitian yang dilakukan dermatologi menyebutkan bahwa dalam jeruk lemon terdapat berbagai senyawa yang sangat baik bagi kesehatan, antara lain:

dengan adanya keberagaman nutrisi tersebut, maka tak heran jika lemon menjadi pilihan tepat dalam merawat kulit wajah Anda.

  1. Astrigent alami dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah.
  2. Asam sitrat bertindak sebagai zat exfoliant yang berfungsi untuk menghilangkan sel mati yang menutupi pori-pori sehingga dapat mengakibatkan terjadinya infeksi dan iritasi pada lapisan terluar dari kulit wajah.
  3. Anti-bakteri berfungsi mencegah perkembangan bakteri serta membunuhnya, agar tidak menimbulkan efek buruk pada kulit wajah.
  4. Vitamin C atau asam askorbat merupakan kandungan yang wajib ada dalam produk perawatan kulit. Sebab vitamin C berfungsi sebagai anti penuaan dan anti-oksidan yang sangat baik. Selain itu, vitamin C pada lemon dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan, serta mencerahkan kulit, dan mengurangi bekas kerutan di wajah. Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa membantu kulit memproduksi kolagen, guna membuat kulit lebih lembut dan kenyal.
  5. Antiseptic memliki peran hampir sama dengan anti-bakteri yaitu membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Lemon dapat menyebabkan iritasi kulit

Namun, anda jangan sembarangan ketika menggunakan lemon untuk wajah. Alih-alih ingin miliki kulit mulus dan bersih, air lemon justru dapat memperparah kondisi jerawat, dan bahkan bisa membuat kulit Anda semakin rusak.

Hal itu dikarenakan dalam lemon terdapat kandungan asam yang sangat tinggi dan furocoumarins, sehigga akan merusak jaringan pH pada kulit wajah.

Jika Anda masih nekat tetap menggunakan lemon, sebaiknya menerapkan anjuran dokter (nanti dibawah akan diulas lengkap). Jika tidak, akan berisiko menyebabkan dermatitis kontak, ruam (phytophotodermatitis), dan iritasi kulit.

Tidak hanya itu, lemon bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Tips aman menggunakan lemon untuk kulit

 

Pada dasarnya lemon bukanlah sebuah obat jerawat terbaik, sebab, jika salah dalam penggunaan bisa berakibat buruk. Namun jika digunakan dengan hati-hati, Anda akan merasakan beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah anda Anda.

Berikut petunjuk / aturan keamanan yang di anjurkan medis :

  • Jangan gunakan lemon atau buah citrus lainnya jika Anda memiliki kulit sensitif. Pasalnya lemon sangat mudah mengiritasi kulit Anda.
  • Jangan mengoleskan sari perasan lemon langsung di kulit Anda karena paparan cahaya matahari setelahnya dapat menyebabkan kondisi seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun dan air sampai bersih setelah memasak, menghabiskan waktu di luar rumah, atau berkebun. Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bahan kimia yang terkandung dalam tanaman dari kulit.
  • Jika Anda ingin menggunakan lemon untuk jerawat, campurkan lemon dengan bahan lain untuk mengurangi efek samping. Anda dapat menggunakan madu, air mawar, yogurt, ataupun oatmeal.
  • Jangan gunakan lemon untuk wajah terlalu sering. Beberapa kali dalam sebulan mungkin masih aman. Namun, penggunaan lemon yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan rentan terkelupas.
  • Segera hentikan pemakaian jika Anda melihat adanya iritasi atau ruam.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Yuk, jangan lupa di bagikan agr berguna bagi yang lain.

Tinggalkan komentar