5 Tips Sederhana Merawat Kucing Bagi Pemula


Kucing merupakan salah satu hewan yang dijadikan peliharaan oleh manusia. Selain menggemaskan, kucing juga terlihat lucu. Namun, tidak banyak yang tahu cara merawat kucing yang benar. Apakah Anda salah satunya? Setiap hewan mempunyai sifat sensitif yang wajib dipahami manusia. Berikut beberapa tips merawat kucing bagi pemula.

Walaupun terlihat mudah dirawat, tetapi merawat hewan yang ini juga tidak boleh sembarangan. Tips merawat kucing sangat diperlukan, apalagi bagi yang baru memelihara hewan menggemaskan ini. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan pemilik kucing.

Apa saja tips merawat kucing dan kesalahan apa yang sering terjadi? 

Memastikan gizi kucing

Untuk memastikan kesehatan hewan, memperhatikan kebutuhan gizi sangat diperlukan. Walaupun kucing tipe hewan yang mudah bosan tetap harus hati-hati saat memberikan kucing makanan. Jika ingin mengganti makanan, pastikan terlebih dulu memberikannya dalam porsi yang kecil. Hal ini dikarenakan makanan baru dapat membuat kucing mengalami masalah pencernaan. 

Berikan juga kucing makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan umur. Dikarenakan anak kucing membutuhkan gizi lebih besar dari kucing dewasa, walaupun anak kucing membutuhkan banyak nutrisi bukan berarti Anda memberi makanan yang berlebihan. Berikan makanan rutin 4 kali sehari setelah 5 sampai 6 minggu. 

Yang terakhir, jangan memberikan makanan anjing pada kucing. Nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah penglihatan kabur dan penyakit jantung, sedangkan makanan anjing tidak mengandung taurin. 

Kebersihan pada kucing

Pada umumnya, kucing mandi setiap dua minggu sekali. Sampo yang diberikan juga sesuai dengan kebutuhan kucing tersebut, ada yang melembutkan, menghilangkan jamur, menghilangkan kutu, dan lainnya. Pastikan menyisir bulu kucing dengan rutin, apalagi jika kucing tersebut memiliki bulu yang lebat. 

Namun, perlu diketahui memandikan kucing bisa dengan air dingin, dikarenakan air panas bisa menyebabkan iritasi kulit dan merusak bulu pada kucing. 

Litter box kucing

Agar kucing tidak membuang air sembarangan, jangan lupa pula untuk menyediakan pasir di litter box. Pastikan juga membersihkan pasir yang jadi tempat tinggal kucing secara rutin. Hal tersebut supaya tidak banyak dan tidak ada kotoran yang menumpuk. Jika mempunyai kucing lebih dari satu, sediakan litter box lebih dari satu juga. Kucing sebenarnya juga dapat dilatih untuk membuang air di kamar mandi, untuk itu harus dibiasakan sejak dini. 

Berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan

Selain dirawat, kucing juga harus diajak berinteraksi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan bermain, mengajak berjalan-jalan di sekitar rumah, atau bahkan hanya untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan kucing. Selain itu, kucing juga dapat berolahraga dan akan merasakan cinta dan kasih sayang dari pemiliknya. Kegiatan fisik dapat membantu pertumbuhan kucing dengan baik. Sehingga kesehatan hewan peliharaan Anda terjamin. 

Ajarkan kebiasaan baik

Ajarkan kebiasaan yang baik pada kucing, seperti pergi ke toilet, tempat tidur dan makan. Bersikap tegas pada perilaku buruk kucing, dengan begitu kucing akan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. 

Namun, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat kucing, seperti membatasi ruang gerak kucing, menghukum kucing saat buang air sembarangan, bersikap tegas tentu boleh, tetapi saat kucing tiba-tiba tidak menggunakan tempat buang air, bisa saja itu bentuk marahnya kucing. Bahkan menggunakan satu tempat untuk banyak kucing juga kesalahan yang sering terjadi.

Jika ada yang berbeda dari kucing Anda atau bahkan menunjukkan gejala-gejala sakit, Anda dapat konsultasi dengan dokter hewan yang ada di aplikasi Halodoc. Untuk mencari tahu cara mengatasi dan penyebab yang sedang kucing alami, selain itu Anda juga bisa menanyakan tips merawat kucing pada dokter hewan langsung di Halodoc. 

Belum ada Komentar untuk " 5 Tips Sederhana Merawat Kucing Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel