Kegunaan Faktur Bagi Perusahaan

Kegunaan Faktur Bagi Perusahaan

Faktur (invoice), atau yang juga dikenal dengan sebutan kwitansi adalah jenis dokumen yang sudah sering didengar dalam bisnis. Faktur lebih diidentikkan dengan faktur penjualan yang dikeluarkan oleh penjual dan berisi catatan transaksi seperti nama, jumlah, dan harga yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada penjual.

Seiring dengan perkembangan teknologi, faktur tidak hanya berwujud lembaran kertas namun berupa faktur elektronik yang dapat dikirimkan via email, web maupun aplikasi pada pihak-pihak yang bersangkutan. Kelebihan dari wujud elektronik ini adalah daya tahan serta kemudahan dalam pemilahan.

Pengertian Faktur dan jenis-jenisnya

Ada banyak definisi faktur menurut para ahli, Sugeng Hariyanto mendefinisikannya sebagai suatu catatan yang menggambarkan barang-barang yang dikirimkan kepada pembeli sekaligus harganya. Sementara Andrian Sutedi menyatakan sebagai dokumen penting dalam perdagangan karena melalui data didalamnya dapat diketahui jumlah wesel yang akan ditarik, jumlah penutupan asuransi, dan penyelesaian segala jenis bea masuk.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa faktur merupakan bukti tertulis yang bersifat komersial antara pembeli dan penjual yang menunjukkan rincian transaksi terkait barang yang dibeli, harga barang, dan jumlah yang dibeli. Terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Faktur biasa

faktur yang paling banyak digunakan dalam transaksi jual beli sebagai catatan keuangan harian. Berisi keterangan pihak penjual, pihak pembeli, produk yang dibeli serta total yang harus dibayar.

2. Faktur Proforma

faktur yang bersifat sementara dan dibuat sebelum keseluruhan barang dikirimkan. Jika seluruh barang telah diterima oleh pembeli maka faktur ini akan ditukar dengan faktur biasa.

3. Faktur Konsuler

faktur khusus yang dipergunakan dalam perdagangan luar negeri seperti ekspor dan impor. Faktur ini tidak digunakan untuk umum karena memiliki stempel khusus sebagai bukti pengesahan dan persetujuan kedutaan besar negara atau perwakilan negara pengimpor.

Kegunaan faktur bagi perusahaan

Selain berfungsi sebagai bukti dokumen, sebagai pengatur keuangan perusahaan karena membantu dalam proses perhitungan laba perusahaan, faktur juga memiliki berbagai macam kegunaan diantaranya:
  • Sebagai sumber rujukan jika ingin menjual barang kembali
  • Sebagai sumber rujukan yang sah dalam melakukan pencatatan transaksi ke pembukuan keuangan
  • Sebagai tanda terima barang sekaligus faktur pajak
  • Sebagai rujukan yang sah saat terjadi kesalahan pengiriman barang dan perhitungan tagihan
  • Sebagai dokumen yang memiliki kepastian hukum bagi penjual
  • Sebagai instrument dalam melakukan analisa bisnis dengan cara mengamati pola pembelian pelanggan sehingga perusahaan dapat membuat strategi yang lebih baik kedepannya
Pada umumnya dokumen ini dibuat dalam beberapa rangkap serta terintegrasi sebagai arsip untuk pihak-pihak yang memiliki kepentingan dan dimanfaatkan untuk keperluan masing-masing. Misalkan bagi pembeli dapat dipergunakan sebagai bukti kas keluar sedangkan bagi penjual dapat dipergunakan sebagai bukti kas masuk.

Belum ada Komentar untuk "Kegunaan Faktur Bagi Perusahaan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel