Tutorial Cara Mengaktifkan Hotspot Wi-Fi di Smartphone


Mengakses internet sudah jadi satu kebutuhan primer. Tidak peduli kapanpun waktunya, di lokasi mana saja kamu berada, kamu tidak bisa memungkiri bahwa terhubung dengan jaringan internet adalah satu keharusan. Tapi apa jadinya jika tidak ditemukan layanan Wi-Fi di lokasi kamu? Apakah berarti kamu tidak bisa menghubungkan perangkat dengan internet? Tahukah kamu cara menggunakan hotspot Wi-Fi melalui smartphone yang kamu miliki?

Well, sebenarnya cara ini hanya berguna jika smartphone yang kamu pakai terhubung dengan jaringan internet. Jadi intinya adalah menjadikan smartphone sebagai ‘modem’ dadakan yang dapat membagikan sinyal internet ke beberapa perangkat. Tentu saja paket data yang kamu pakai akan digunakan dalam proses ini, sesuai dengan jumlah pengguna hotspot Wi-Fi yang kamu buka dan akses yang dilakukan.

Tapi bagaimana caranya?

Nah, karena saat ini sistem operasi yang digunakan pada smartphone dibedakan menjadi Android dan iOS, maka mari bahas satu per satu.

Hotspot Wi-Fi pada Smartphone Android

 
Caranya cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah ini:
  • Pertama, buka menu Settings.
  • Pilih menu Network & Internet, lalu akan muncul beberapa menu pilihan. Pilih Hotspot & Tethering.
  • Selanjutnya kamu akan melihat ada beberapa sub menu yang terbuka. Cermati dan klik pada Hotspot Wi-Fi. Di sana akan ada satu bar yang bergeser ketika ditekan, ini menandakan koneksi yang kamu punya sudah terbuka dan dapat ditemukan oleh perangkat lain.
  • Kamu tinggal menyalakan Wi-Fi di laptop, kemudian cari nama perangkat smartphone yang koneksi internetnya sudah dibuka.
  • Dan selesai, sekarang laptop atau perangkat yang lain sudah terhubung ke internet dengan ‘modem’ berupa smartphone.
Pada kondisi kamu tidak ingin membagi koneksi tersebut dengan perangkat selain yang kamu kehendaki, kamu bisa menambahkan password tertentu. Caranya simple, cukup dengan mengaturnya pada pengaturan hotspot hingga muncul tampilan nama dan kata sandi. Tetapkan sesuai yang kamu mau, dan koneksi hanya akan dapat diakses dengan memasukkan password yang sudah ditetapkan. Sederhana kan?

Bagaimana dengan Perangkat iOS?


 
Pada perangkat dengan sistem operasi iOS, cara mengaktifkan hotspot Wi-Fi juga tidak sulit: 
  • Pertama buka menu Settings lalu pilih opsi Personal Hotspot.
  • Lanjutkan dengan slide ke samping pada menu tersebut, dan ubah tombol ke posisi On atau sampai indikator menunjukkan warna hijau. Di sini, hotspot Wi-Fi kamu sudah aktif dan bisa ditemukan perangkat lainnya.
  • Lakukan pengaturan kata sandi dan nama perangkat pada menu yang sama, pastikan kamu tidak lupa kata sandi ini ya!
  • Kemudian tinggal nyalakan laptop, sambungkan dengan hotspot Wi-Fi, dan kamu sudah bisa browsing dengan leluasa dengan laptop.
Tidak kalah sederhana bukan caranya?

Ingat Ini Sebelum Membagi Koneksi


 
Dalam membagi koneksi melalui hotspot Wi-Fi, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat. Bukan hal yang serius sebenarnya, tapi sebaiknya kamu tetap perhatikan agar tidak terjadi penyalahgunaan koneksi yang kamu bagikan. Pertama adalah perangkat yang terhubung pada koneksi smartphone yang kamu miliki akan menggunakan paket data yang ada. Jadi, paket data kamu akan berkurang seiring dengan pemakaian koneksi tersebut. Semakin banyak yang terhubung, maka semakin banyak paket data yang akan digunakan.

Kamu bisa membatasi jumlah perangkat yang terhubung dengan melakukan pengaturan. Nantinya, setelah kuota perangkat yang terhubung sudah penuh, perangkat lain tak lagi bisa terhubung dengan hotspot Wi-Fi yang kamu bagi. Ini berguna untuk membatasi jumlah penggunaan data internet sehingga paket data tidak ‘bocor’.

Selanjutnya, karena koneksi ini memiliki konsep berbagi, maka kamu harus memastikan paket data dan internet pada smartphone aktif. Tidak mungkin kamu bisa menggunakan hotspot Wi-Fi dari smartphone kalau kamu tak memiliki paket data yang aktif. Selain itu kamu juga perlu paham ketika kamu membuka koneksi ini penggunaan daya baterai akan bertambah. So, pastikan kamu membawa charger ya!
 
Memang tidak lagi dapat dipungkiri bahwa terhubung dengan jaringan internet sudah masuk dalam ranah kebutuhan primer masyarakat modern. Sekedar chatting, mencari hiburan, hingga menyelesaikan urusan pekerjaan, semua bisa diakses dengan jaringan internet yang terpercaya dan handal. Tentu saja tak semua bisa memberikan hal ini untukmu.

Setelah memahami cara mengaktifkan hotspot Wi-Fi dengan smartphone kamu, maka kini kamu bisa bepergian dengan lebih leluasa. Namun ingat, untuk pasang Wi-Fi di rumah, selalu andalkan layanan yang sudah benar-benar teruji kompetensinya. Biznet Home, merupakan layanan paling recommended untuk internet rumah kamu. Dengan harga yang menarik serta layanan terbaik, dijamin akses internetmu tidak akan putus dan super cepat!

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Mengaktifkan Hotspot Wi-Fi di Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel