Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya

Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya

Dalam waktu 60 detik, rupanya manusia rata-rat bernapas 12-18 kali. Sehingga dalam satu hari, Anda bernapas sebanyak 17280 kali. Bernapas menjadi salah satu kegiatan tubuh yang meski terlihat sederhana, namun proses di dalamnya cukup banyak. Sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya begitu kompleks.

Ada banyak organ yang berperan untuk membantu proses Anda bernapas. Sistem pernapasan yang tidak bekerja dengan baik, tentunya bisa menyebabkan gangguan pernapasan yang tidak diinginkan. Misalnya saja penyakit asma. Jika sulit bernapas, tentu saja seluruh aktivitas manusia akan terganggu. Baca juga: Manfaat Keragaman Karakteristik Yang Dimiliki Bangsa Indonesia

Sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya yang perlu Anda tahu

1. Hidung 

Organ terluar manusia yang bersentuhan langsung dengan udara atau gas adalah hidung. Adanya hidung membantu Anda untuk menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida. Organ hidung tersusun atas tulang, otot, tulang rawan dan kulit.

Fungsi dari hidung yaitu untuk menghangatkan, menyering serta melembabkan udara yang masuk dalam tubuh. Pada hidung juga terdapat lendir dan bulu yang berfungsi menangkap debu atau zat asing lainnya.

2. Tenggorokan

Tenggorokan adalah jalur terusans etelah Anda menghirup gas atau udara melalui hidung. Selanjutnya, pada tenggorokan udara dilanjutkan menuju laring, trakea dan bronkus.

3. Laring (pangkal tenggorokan)

Laring merupakan penghubung antara faring dan trakea. Pada bagian laring, terdapat katup epiglotis dan pita suara. Bagian tersebut memisahkan antara saluran udara dengan saluran makanan.

4. Trakea

Selanjutnya terdapat trakea sebagai penghubung laring dan bronkus. Fungsi trakea sebagai jalan udara dari leher ke paru-paru. Bentuk trakea seperti pipa, tersusun dari cincin tulang rawan yang terletak di depan kerongkongan.

5. Bronkus

Percabangan dari trakea disebut bronkus. Terdapat dua percabangan menuju paru-paru kiri dan kanan. Bronkus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea ke paru-paru.

6. Paru-paru

Organ vital pernapasan selanjutnya adalah paru-paru. Letaknya di rongga dada sebelah atas diafraga. Bentuk paru-paru seperti spons yang dibungkus lapisan pleura. Ada dua bagian di kiri dan kanan, dimana paru-paru kiri memiliki 2 segmen sedangkan yang kanan memiliki 3 segmen.

Nah itu tadi sistem pernapasan dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel