Penyebab PTSD beserta Gejalanya yang Perlu Anda Ketahui!


PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) yang biasa dikenal dengan gangguan stress pasca trauma merupakan gangguan mental yang dapat terjadi pada seseorang ketika ia mengalami peristiwa buruk. Gangguan ini seringkali mengganggu penderitanya pada kejadian yang membuat mereka trauma. lalu, apa sebenarnya penyebab PTSD? Dan bagaimana gejalanya?

Apa Penyebab PTSD?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, PTSD terjadi karena seseorang mengalami peristiwa menakutkan. Setiap orang yang mengalami PTSD tentu memiliki penyebabnya tersendiri. Adapun beberapa penyebab PTSD yaitu:

  • Mengalami kejadian yang tidak menyenangkan
  • Karakter di seseorang yang tempramental
  • Memiliki riwayat gangguan mental pada keluarga


Adapun beberapa peristiwa yang memicu terkena PTSD, di antaranya yaitu:

  • Kecelakaan
  • Bencana alam
  • Pelecehan seksual
  • Kekerasan fisik
  • Perang senjata
  • Terkena perundungan atau bullying
  • Melakukan prosedur medis tertentu, misalnya operasi
  • Terserang penyakit yang dapat mengancam jiwa, seperti serangan jantung


Bagaimana Gejala PTSD?

Jika Anda pernah mengalami peristiwa yang tidak Anda sukai atau menakutkan, maka anda dapat merasakan gejala PTSD. Gejala ini dapat muncul pada beberapa bulan atau beberapa tahun setelah mengalami kejadian traumatis. Waktu lama dan tingkat keparahannya pun berbeda-beda setiap penderita. Adapun berikut ini merupakan beberapa gejala yang dapat Anda rasakan ketika mengalami PTSD, di antaranya yaitu:

1. Mengingat Selalu Peristiwa Traumatis

Penderita PTSD biasanya akan selalu mengingat peristiwa traumatis yang ia alami. Jika Anda mengalami PTSD, mungkin Anda akan selalu mengingat dan merasakan peristiwa traumatis, seakan-akan Anda merasakan langsung kejadian tersebut. Hal tersebut tentu sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas. Bahkan ingatan mengenai peristiwa traumatis seringkali menjadi penyebab mimpi buruk. Maka tak heran bila kondisi psikis penderita PTSD banyak yang tertekan secara emosional.

2. Cenderung untuk Mengelak dari Peristiwa yang Pernah Dialami

Para penderita PTSD biasanya cenderung untuk mengelak dari pembicaraan atau ingatan mengenai peristiwa yang pernah dialaminya. Hal ini dikarenakan mereka mengalami trauma dari peristiwa tersebut. Biasanya gejala yang ditunjukkan yaitu menghindari aktivitas, tempat atau seseorang yang berhubungan dengan peristiwa traumatis tersebut.

3. Selalu Berpikir dan Merasakan Hal yang Negatif

Para penderita PTSD biasanya selalu berpikiran dan merasakan hal-hal yang negatif. Mereka seringkali menyalahkan dirinya atau orang lain atas peristiwa tersebut. Selain itu, penderita PTSD juga akan kehilangan minat pada kegiatan yang dulunya sangat disukai serta selalu merasa putus asa. Para penderita juga akan lebih senang menyendiri dan sulit bersosialisasi dengan orang lain (lagi).

4. Perubahan Perilaku dan Emosional

Pada penderita PTSD biasanya akan mengalami perubahan pada tingkah lakunya serta kondisi emosionalnya, terlebih pada saat mengingat peristiwa traumatis. Mereka seringkali merasa takut atau mudah marah, serta sulit berkonsentrasi dan tidur. Hal ini tentunya dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Bagaimana Cara Mendiagnosis PTSD?

Untuk mengetahui apakah Anda didiagnosa mengalami PTSD atau tidak, yaitu dengan mengunjungi dokter. Anda akan menjalani PTSD test, dimana dokter akan bertanya mengenai gejala yang dialami oleh Anda serta melakukan pemeriksaan fisik.

Apabila dokter menemukan penyakit fisik maka anda akan dirujuk ke psikiater atau dokter spesialis kejiwaan. Jika hasilnya Anda didiagnosa mengalami PTSD, Anda harus mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk mengurangi dampak PTSD yang lebih parah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai PTSD (post traumatic stress disorder) yang harus Anda ketahui mulai dari penyebab PTSD hingga cara mendiagnosanya. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut seputar beragam kesehatan, Anda bisa mengunjungi website dan aplikasi halodoc. Di website tersebut, Anda juga bisa menggunakan beragam fitur yang sangat bermanfaat, mulai dari tanya dokter, mencari rumah sakit terbaik, hingga mendapatkan obat yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab PTSD beserta Gejalanya yang Perlu Anda Ketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel