Mengenal Ciri Ciri Protista Mirip Hewan

Mengenal Ciri Ciri Protista Mirip Hewan

Protista merupakan mikroorganisme eukariota yang bukan tumbuhan, jamur maupun hewan. Meskipun begitu protista mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan tiga kelompok tersebut. Maka dari itu, protista dibagi menjadi 3 klasifikasi yaitu protista mirip tumbuhan, protista mirip jamur dan protista mirip hewan. Ciri-ciri protista mirip hewan atau disebut protozoa salah satunya, yaitu bergerak dan heterotrof (tidak bisa menghasilkan makanan sendiri).

Ciri-ciri lain yang dimiliki oleh protozoa yaitu merupakan organisme yang bersel satu, memiliki inti eukariotik dan umumnya mempunyai alat anggota untuk bergerak. Alat gerak dari protozoa antara lain ada kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagelum) dan bulu getar (silia). Baca juga: Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya

Ciri-ciri protista mirip hewan selanjutnya adalah hidup bebas, saprofit atau parasit. Habitatnya berada di air laut, tempat yang lembab, air tawar bahkan berada di tubuh hewan atau manusia. Protozoa tidak dapat membuat makanannya sendiri, maka ia memperoleh makanannya dari organisme lainnya dengan memasukkan atau menelan makanan pada sel tubunya.

Ciri-ciri protista mirip hewan

Rhizopoda

Rhizopoda merupakan protozoa yang bergerak dengan kaki semu atau pseudopodia. Selain berfungsi sebagai alat gerak, pseudopia berfungsi juga sebagai alat memangsa makanan. Bentuk sel rhizopoda berubah-ubah dan bersifat heterotrof.

Ciliata

Ciliata bergerak dengan rambut getar atau silia. Silianya ada pada seluruh permukaan sel. Selain sebagai alat gerak, silia ini juga berfungsi untuk membantu memasukkan masakanan ke sitostoma. Ciliata bereproduksi seksual degan cara konjugasi dan aseksual dengan pembelahan biner.

Flagellata

Kelompok flagellata bergerak menggunakan bulu cambuk atau flagel. Flagel tersebut berasal dari tonjolan protoplasmanya yang berukuran panjang. Ciri-ciri dari flagellata yaitu bereproduksi aseksual dengn pembelahan biner, bersimbiosis serta menjadi parasit di tubuh manusia atau hewan. Flagellata hidup di air.

Sporozoa

Sporozoa tidak memiliki alat gerak. Sprorozoa mempunyai organel kompleks yang membantu untuk menempel pada inang. Ciri-ciri yang dimiliki yaitu tidak mempunyai vakuola kontraktil, daur hidup yang kompleks, membentuk spora serta dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual.

Nah itu tadi beberapa ciri-ciri protista mirip hewan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Ciri Ciri Protista Mirip Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel