Ini Dia yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Penularan Virus Corona


Semakin hari kasus virus corona di Indonesia semakin bertambah. Hingga kini jumlah penderita corona di dalam negeri lebih dari 4.000 kasus dengan jumlah kematian mencapai 373 jiwa. Angka ini bisa bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah kasus yang masih terjadi. Dalam satu hari saja, penambahan kasus yang terjadi lebih dari 300 kasus baru sehingga dalam waktu singkat ada banyak kasus yang aktif di Indonesia. Meski begitu, virus ini juga sama seperti virus lainnya yang memiliki masa inkubasi di dalam tubuh. umumnya masa inkubasi tersebut adalah 5 hingga 14 hari namun bisa berbeda-beda sesuai dengan kekebalan tubuh penderitanya.

Untuk mengatasi pandemi ini, mencegah terjadinya penularan merupakan cara yang paling ampuh. Mencegah penularan ini bisa memutus mata rantai terbentuknya penderita baru yang juga bisa menjadi penular atau carrier virus tersebut. Dengan memutus mata rantai maka jumlah penderita virus covid19 tak akan bertambah dan jumlah yang ada bisa disembuhkan sembari menunggu masa inkubasi virus berakhir. Dengan begitu tak ada kasus baru dan masa pandemi bisa dilalui tanpa membawa lebih banyak korban.

Lalu bagaimana cara kita bisa mencegah penularan virus covid19 ini? berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah penularan sehingga jumlah kasus tidak terus bertambah:

Di rumah saja.
Dengan berada di rumah saja, berarti Anda mencegah bertemu dengan orang lain yang bisa jadi adalah seorang carrier virus covid19.

Jaga jarak.
Jika ada tamu yang ke rumah atau Anda harus keluar rumah dan bertemu dengan orang lain, pastikan untuk melakukan jaga jarak atau social distancing untuk menghindari terinfeksi virus covid19.

Pakai masker.
Untuk mencegah penularan virus corona, kini baik yang sakit maupun yang sehat wajib menggunakan masker di luar rumah. untuk mereka yang sakit, masker wajib digunakan baik ketika di dalam maupun di luar rumah agar ia tidak menyebarkan virus ke orang lain.

Cuci tangan.
Sering mencuci tangan terutama setelah Anda memegang benda asing juga menjadi cara pencegahan virus covid19 yang sangat efektif. Virus bisa saja menempel pada benda-benda yang sering dipegang sehingga tangan Anda mudah terkontaminasi. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau Anda juga bisa mencuci tangan menggunakan alkohol minimal 60%.

Hindari menyentuh wajah.
Seperti disebutkan tadi bahwa virus bisa menempel di tangan Anda dan masuk saat Anda memegang wajah khususnya di mata, mulut dan hidung. Karena itu hindari menyentuh area wajah sebelum Anda mencuci tangan.

Lakukan etika batuk.
Tutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin untuk mencegah droplet keluar dan menginfeksi orang lain. Lakukan etika batuk ini meski Anda sudah menggunakan masker. Jika ada orang yang batuk atau bersin di sekitar Anda, lebih baik untuk lebih menjaga jarak agar tetap aman.

Setelah melakukan pencegahan-pencegahan tersebut di atas namun Anda memiliki gejala penyakit seperti batuk, jangan takut dan buru-buru ke rumah sakit. Lakukan konsultasi dengan dokter secara online terlebih dahulu sehingga Anda tak perlu keluar rumah dan menjadi lebih rawan tertular virus corona. Halodoc juga bisa mengirimkan obat yang dibutuhkan langsung ke alamat rumah Anda untuk bisa digunakan. Imbangi dengan makan makanan sehat dan bergizi seimbang sehingga Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik untuk melawan bibit penyakit.

Tidak ada komentar untuk "Ini Dia yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Penularan Virus Corona"