Memperbaiki Trafo Panas Dan Tidak Keluar Tegangan

Trafo yang kelebihan beban seringkali mengalami kerusakan. Kita dapat mencoba memperbaiki sendiri kerusakannya. Namun apabila kerusakan dirasa tidak dapat anda perbaiki sebaiknya segera menghubungi jasa perawatan trafo di sewatama.
Salah satu kerusakan pada trafo yang biasanya terjadi adalah kondisi trafo panas berlebih dan trafo tidak keluar tegangan sama sekali. Trafo panas berlebihan bisa disebabkan oleh konsleting antar lilitan, bisa terjadi hanya pada kawat primer atau kosleting pada kawat primer. Trafo panas berlebihan bukan selalu karena lilitan ada yang koslet, tapi bisa juga karena koslet pada beban misalnya power amplifier.

Jadi kosongkan beban trafo, uji dengan dialiri tegangan primer dalam beberapa saat misalnya 15 menit. Jika trafo cepat panas, maka bisa disimpulkan ada lilitan yang short. Gejala lainnya biasanya adalah trafo bergetar jika yang koslet adalah antar lilitan skunder – kalau di ukur tegangannya dengan voltmeter akan turun dari yang seharusnya disemua tegangan. Jika yang short dililitan primer, selain cepat panas biasanya tidak begitu bergetar seperti ketika koslet bagian primernya.

Anda dapat membongkar trafo untuk memastikan kondisi masing-masing lilitannya. Lihat dulu bagian primer, jika kawat gosong dan ada gejala terkelupas maka bisa dipastikan kawat sudah rusak harus diganti baru. Jika diketahui lilitan skunder rusak, sekarang lihatlah kawat primer ketika lilitan skunder sudaj dibongkar. Jika kawat primer gosong, maka bisa dipastikan rusak. Tapi itu belum bisa menjamin. Jika kurang yakin, kawat primer bisa diganti dengan yang baru. Misalnya diketahui kawat skunder saja yang rusak, sementara kawat primer kelihatannya masih baik dan layak dipakai lagi.

Jika trafo tak keluar tegangan sama sekali, kemungkinan terlalu banyak gulungan primer yang putus. Dapat dicoba test dengan avometer. Cara memperbaikinya sama seperti cara-cara diatas, bisa anda ganti kawat sama persis seperti awalnya atau diganti dengan tegangan ouput yang baru tapi ini tentu harus memiliki pengetahuan hitung lilitan trafo.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi peralatan listrik tetap baik dan awet serta menjaga kontinyuitas penyaluran energi listrik pada konsumen / peralatan listrik adalah dengan merawat dan memeliharanya. Lakukan selalu perawatan dan pemeliharaan trafo listril dengan jasa perawatan trafo di sewatama.

Tidak ada komentar untuk "Memperbaiki Trafo Panas Dan Tidak Keluar Tegangan"