Tri Kerukunan Umat Beragama

Ada berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam menciptakan dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep “Tri Kerukunan“.

Sebutkan dan jelaskan isi tri kerukunan beragama yang harus dikembangkan masyarakat indonesia berserta contoh tindakan prilaku, berikut ini:

1. Kerukunan Internal Umat Beragama

Perbedaan pandangan dalam satu agama dapat melahirkan konflik di dalam agam itu sendiri. Disparitas madzhab ialah salah satu disparitas yang nampak dan nyata. Kemudian lahir pula disparitas ormas keagamaan. Meski masih dalam satu aqidah, yakni aqidah Islam, disparitas sumber penafsiran, penghayatan, kajian, pendekatan terhadap Al-Quran dan As-Sunnah terbukti mampu mendisharmoniskan intern umat beragama.

Konsep ukhuwwah islamiyah merupakan salah satu wahana agar tak terjadi ketegangan intern umat Islam yang menyebabkan peristiwa konflik.

Konsep pertama ini mengupayakan berbagai cara agar tak saling klaim kebenaran, guna menghindari permusuhan yand disebabkan disparitas madzhab dalam agama.

2. Kerukunan Antar Umat Beragama

Konsep kedua dari trikerukunan memiliki pengertian kehidupan beragama antar masyarakat yang berbeda agama dan keyakinan.

Berbagai kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah, agar tak terjadi saling mengganggu antar umat beragama lainnya. Semaksimal mungkin menghindari konflik yang disebabkan disparitas agama.

Faktor pendukung: Setiap lapisan masyarakat harus bersama-sama menciptakan suasana hayati yang rukun dan damai di Negara Republik Indonesia.

3. Kerukunan Antara Umat Beragama dan Pemerintah

Pemerintah sendiri ikut andil dalam menciptakan suasana tentram dan damai antara umat beragama, yaitu dengan cara melakukan kegiatan atau musyawarah antar wakil pemuka dari tiap-tiap agama untuk menciptakan stabilitas persatuan dan kesatuan bangsa.

Tujuan dan hambatan trikerukunan umat beragama

Tidak mudah menerapkan trikerukunan dalam berbangsa, meski membutuhkan waktu lama semoga dikemudian hari menjadi salah satu solusi agar terciptanya kehidupan umat beragama nan damai, penuh kebersamaan, bersikap toleran, saling menghormati dan menghargai dalam perbedaan.

Tinggalkan komentar