Tanya Jawab Dokter Gigi Tentang Cara Merawat Gigi Berbehel Agar Tidak Kuning dan Bau

Kesehatan dan juga kebersihan gigi nyatanya memang sangat mempengaruhi penampilan. Tak heran juga jika seandainya banyak orang yang rela menghabiskan uang hingga jutaan rupiah bahkan juga puluhan juta, hanya untuk perawatan bagian tubuh yang satu ini. Misalnya adalah pada beberapa kalangan yang memiliki struktur atau bentuk gigi tidak rata. Mereka tak ragu untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk kebutuhan meratakan gigi tersebut dengan pemakaian behel. Tanya jawab dokter gigi terlebih dahulu untuk prosedurnya.

Pemakaian behel ini meskipun dapat menunjang penampilan, namun kenyataannya di satu sisi juga bisa berdampak pada rasa kurang nyaman keseharian Anda, karena kerap kali tidak bisa mengonsumsi makanan secara sembarangan. Begitu juga dengan behel yang bisa menjadi penyebab kondisi mulut yang mudah untuk terkena sariawan. Tentunya membuat Anda tidak bisa sembarangan di dalam merawatnya bukan.

Bahkan mungkin bagi pemakai behel sendiri sering kali merasakan bau mulut, hingga perubahan warna gigi yang justru menguning, karena memang tidak dapat mereka bersihkan secara efektif hingga ke setiap sela-selanya. Plak gigi nyatanya menjadi masalah yang kerap kali dialami oleh pemakai behel ini. Mengingat banyak sisa makanan yang sering kali terselip dan sulit dibersihkan di sela-sela behel tersebut. Untuk itu berikut ini diantaranya ada beberapa tips bagi Anda dalam merawat gigi berbehel, diantaranya adalah:

  1. Sikat gigi dengan benar, khusus untuk gigi berbehel, maka Anda tidak bisa menggunakan sikat gigi sembarangan. Gunakanlah jenis sikat gigi yang berbulu halus, juga pasta gigi dengan kandungan flouride. Menyikatnya hendaknya dengan gerakan dari atas ke bawah dan sebaliknya agar nantinya semua sisa makanan yang menumpuk juga bisa dihilangkan. Khusus untuk membersihkan bagian kawat gigi tersebut Anda bisa menggunakan sikat gigi yang kecil saja. Sikat gigi secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan juga malam sebelum tidur.
  2.  Flossing atau membersihkan sela-sela gigi, flossing bagi mereka yang memakai behel biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, yaitu sampai dengan 15 menit, cara yang satu ini dilakukan setidaknya sehari sekali dengan memakai benang gigi, lakukan tekanan secara perlahan sehingga tidak memperburuk kondisi gigi Anda. Flossing harus dilakukan secara perlahan untuk menghindari efek samping.
  3. Gunakan obat kumur agar mulut lebih bersih dan juga bebas dari bau, Anda juga dapat mengandalkan obat kumur selesai menyikat gigi, hal ini berguna untuk memastikan bakteri yang ada di dalam mulut tersebut benar-benar bersih. Ditambah lagi hal ini juga sangat berguna di dalam menjaga agar aroma mulut tidak bau. Karena memang pemakai behel tak jarang yang bermasalah dengan aroma mulut.
  4. Rutin dalam melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, langkah selanjutnya adalah rutin datang ke dokter gigi untuk mengecek kondisinya, mengganti bagian karet gigi sehingga bisa lebih kuat untuk kembali di dalam merapikannya, hingga digunakan untuk mengecek kemungkinan keberadaan karang gigi, sehingga nantinya bisa dibersihkan kembali secara lebih optimal.

Mudah bukan, terapkan cara tersebut untuk perawatan gigi berbehel Anda. Lebih banyak konsultasi atau tanya jawab dokter gigi ini bisa dilakukan secara lebih mudah online, yaitu dengan mengandalkan aplikasi Halodoc yang bisa Anda download dan juga install di ponsel. Ada banyak dokter ahli yang juga siap dalam menjawab pertanyaan Anda seputar kesehatan.

Tinggalkan komentar