Pilihan Olahraga Tepat untuk Penderita Diabetes

Dengan melakukan olahraga yang tepat, penderita diabetes bisa memiliki kualitas hidup layaknya orang sehat.

Olahraga adalah aktivitas positif yang terbukti mampu mendatangkan beragam manfaat kesehatan, tak terkecuali untuk penderita diabetes. Dengan melakukan jenis olahraga yang tepat secara rutin dan teratur, penderita diabetes bisa memiliki kualitas hidup layaknya orang yang sehat.

Sebagaimana dikatakan dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan bersamaan dengan melakukan olahraga secara teratur.

“Tidak hanya menyehatkan, kombinasi keduanya bertujuan agar penderita diabetes mencapai berat badan ideal dan memiliki kualitas hidup layaknya orang sehat,” kata dr. Alvin.

Olahraga untuk penderita diabetes
Berikut adalah pilihan olahraga yang bisa dilakukan penderita diabetes secara rutin dan teratur:

Jalan kaki
Jalan kaki adalah olahraga intensitas sedang, yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebuah studi menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang berjalan selama 10 menit setelah makan memiliki kadar gula darah yang lebih optimal.

Yoga dan tai chi
Yoga dan tai chi adalah jenis olahraga relaksasi, yang keduanya menggunakan berat badan sendiri untuk memperkuat berbagai otot serta meningkatkan stabilitas, fleksibilitas dan mobilitas.

Olahraga kursi
Penderita diabetes yang kesulitan untuk bergerak bisa melakukan olahraga kursi. Caranya, duduk di kursi dan gunakan kedua tangan Anda sebagai tumpuan untuk berdiri. Gerakannya mirip push up yang dilakukan sambil duduk dan berdiri.

Meski sederhana, jenis olahraga ini terbukti dapat mengencangkan bahu dan otot bisep.

Angkat beban
Latihan angkat beban dapat membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot. Selain itu, jenis olahraga ini juga turut memperkuat tulang dan membantu mencegah masalah pada sendi akibat diabetes.

Pakar kesehatan mengatakan, semakin banyak massa tubuh ramping yang dimiliki, semakin optimal pula penyerapan glukosa dan kontrol gula darah Anda.

Berenang
Diabetes dapat menyebabkan komplikasi berupa masalah pada sendi. Keadaan ini bisa dicegah apabila Anda melakukan olahraga renang secara rutin dan teratur.

Faktanya, berenang mampu mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi secara signifikan. Jenis olahraga air ini juga mampu meningkatkan kekuatan dan fungsi otot secara signifikan.

Itu dia beberapa olahraga yang bisa dijadikan pilihan oleh penderita diabetes. Sebelum melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui kemampuan tubuh, frekuensi dan jenis olahraga yang paling sesuai untuk dilakukan.

Tinggalkan komentar