Manfaat Apple Cider Vinegar Untuk Rambut

Cuka apel (Apple cider vinegar) disebut-sebut oleh sebagian ahli memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan terutama pada bagian kulit dan rambut kepala.

Menurut Netty Jordan, seorang penata rambut selebriti, menyebut bahwa cuka apel dapat digunakan untuk merawat rambut dan kulit kepala, berikut ulasannya untuk anda:

Manfaat cuka apel untuk rambut yang belum banyak diketahui

1. Mampu memulihkan pH kulit kepala

Dalam sebuah studi pada International Journal of Trichology menyebutkan, pH yang lebih tinggi dari normalnya berisiko tinggi mengalami kerusakan kutikula, kusut, serta kulit kepala kering dan iritasi. Nah, kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel mampu melawan pH basa, sehingga membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala.

2. Menghilangkan kotoran yang menumpuk

Penggunaan produk kecantikan atau perawatan kulit dan rambut kepala seperti sampo, kondisioner, hairspray, gel, mousse, dan sebagainya, tentu meninggalkan residu (zat kimia) yang tetap berada di kulit kepala dan rambut.

Jika terus dibiarkan, hal ini akan membuat helai rambut terlihat kusam dan tidak sehat.

Menurut Felix Fischer, seorang penata rambut selebriti, juga berkata cara termudah untuk menghilangkan kotoran yang mengkontaminasi kulit dan rambut kepala adalah menggunakan cuka apel.

3. Melembabian rambut kering

Kita tentu tahu, kondisi rambut kering akan menimbulkan efek kerontokan hingga kebotakan, untuk mencegah hal masalah ini terjadi, anda memerlukan produk yang dapat membantu melembabkan rambut dan kulit kepala.

Ini tentu menjadi pekerjaan berat bagi pemilik rambut kering dalam mengembalikan kelembaban.

Menurut Netty Jordan, cuka apel sangat membantu mengembalikan kelembaban rambut dan mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit ataupun rambut kepala.

4. Mengatasi ketombe

Berkat adanya sifat antibakteri dan antijamur, cuka apel dapat membantu Anda mencegah anda dari diganggu ketombe, akibat penumpukan kotoran di kulit kepala, yang bisa membuat kulit kepala kering dan iritasi.

5. Mencerahkan rambut

Seperti yang telah disebutkan di atas, cuka apel dapat mengatasi berbagai masalah kulit kepala, jika kukit keoalk sehat tentu saja rambut juga akan mengalaminya.

Efek dari kesehatan yang terjaga tersebut, batang rambut terlihat menjadi bersinar.

6. Cegah kerontokan rambut

Dari informasi yang telah kita dapat, menurut dokter kulit, Dr Debra Jaliman, kulit kepala yang sehat adalah kunci dalam mencegah kerontokan pada rambut dan cuka apel memiliki peranan sangat kuat dalam membantu menjaga kulit kepala terlindungi dengan menangkal bakteri dan menjaga tingkat keseimbangan pH kulit.

7. Mengurai rambut kusut
Selain mampu mencegah ketombe dan membuat rambut berkilau, kandungan asam alami yang terdapat pada cuka apel sangat baik dalam membantu membuat kutikula rambut lebih lembut.

Proses ini akan membuat rambut yang kusut bisa lebih mudah terurai.

Cara menggunakan cuka apel

Setelah kita mengetahui ulasan dari manfaat cuka apel (Apple cider vinegar) untuk kesehatan dan kecantikan rambut kepala, tentu akan membuat anda penasaran, bagaimana cara menggunakannya.

Bener kan? Begini caranya:

  • Campurkan antara satu gelas air cuka apel dan satu gelas air bersih.
  • Aduk hingga tercampur rata.
  • Jika sudah, selanjutnya gunakan campuran air dan cuka apel dengan membasuh rambut hingga ke kulit kepala.
  • Jangan lupa, ketika membasuhkan disertai pijatan lembut agar cairan cuka dapat meresap kedalam dengan efektif, selama 10 hingga 15 menitan.
  • Jika sudah, bilas seperti biasa.

Bagaimana mudah kan? Tentunya.

Sekian informasi tentang manfaat cuka apel untuk rambut yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar