Makna Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Kemerdekaan

Sumpah Pemuda adalah salah satu sejarah penting bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga poin penting dari Sumpah Pemuda, yaitu:

  • Bertanah air satu.
  • Berbangsa satu.
  • Berbahasa satu.

Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita.

Sejarah singkat sumpah pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis, karena kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme agar para pemuda tidak berjuang sendiri, melainkan bersama-sama.


Sebutkan makna dari sumpah pemuda 1928 bagi perjuangan kemerdekaan republik indonesia adalah :

1. Membuat sebuah keyakinan untuk lebih menghargai akan perjuangan Indonesia

Terciptanya sebuah sumpah pemuda dapat dikatan sebagai awal dari perjuangan Indonesia untuk mendapatkan sebuah kemerdekaan. Kemudian, titik awal ini sendiri adalah sebuah langkah yang dimana dapat dianggap tidak untuk main-main. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Sumpah Pemuda lahir sebelum adanya pemerintahan Indonesia dan juga para pemuda waktu itu mengeluarkan seluruh jiwa dan raganya untuk mendapatkan kemerdekaan.;

2. Menumbuhkan semangat juang

Dikarenakan Sumpah Pemuda dikemukakan dengan semangat yang besar yang dimana dilakukan oleh pemuda masa lalu akan memberikan sebuah suntikan semangat kepada para generasi selanjutnya guna untuk tetap terus berjuang dan semangat.

3. Menciptakan sebuah makna untuk mencintai Republik Indonesia dengan seluruh jiwa dan raga

Sebelum dilaksanakan Sumpah Pemuda, apabila kita melihat pada masa lalu dan selanjutnya dari Sumpah Pemuda, maka kita akan melihat sangat banyak korban yang ingin memiliki kebebasan atas penjajahan dan juga mencintai daerahnya sendiri sehingga mereka rela berjuang sepenuhnya untuk negaranya sendiri.

4. Memberikaan sebuah makna unutk menjadi bangga dengan identitas sendiri

Kebanggaan untuk menjadi bagian dari bangsa Indonesia adalah alasan lainnya yang dimana menjadi salah satu makna dalam terbentuknya sebuah bangsa Indonesia bagi para pemuda dan pemudi Indonesia.

5. Memberikan sebuah makna untuk mencintai dan bangga terhadap bahasa Indonesia

Sejak diucapkannya bahasa Indonesia, bahasa Indonesia kemudian menjadi sebuah bahasa yang dijadikan dalam kehidupan sehari-hari yang kemudian memberikan sebuah makna besar dalam kehidupan sehari-hari, dimana pada sebelumnya menggunakan berbagai macam bahasa kemudian mereka menggunakan bahasa Indonesia untuk menjadi pemersatu tujuan.

Seberapa bermanfaat informasi ini.?

Nilai / 5. Dari

Terima kasih atas nilainya

Ayo bagikan, agar lebih bermanfaat

Tinggalkan komentar