Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jelaskan pentingnya dasar negara bagi suatu negara.?

Pancasila merupakan dasar negara bagi Indonesia yang telah ada sejak sebelum kemerdekaan hingga sekarang. Pengertian Dasar negara adalah suatu landasan kehidupan bagi sebuah negara. Dasar negara merupakan tiang berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan tanpa adanya tiang akan roboh, sama halnya dengan sebuah negara.

Manfaat dan Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

1) Sebagai dasar berdirinya sebuah negara : ketika hendak mendiirkan sebuah negara di perlukan sebuah pemikiran, pemikiran yang mendalam tentang Dasar Negara.

2) Sebagai dasar kegiatan penyelenggaraan negara : Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara Negara.

3) Sebagai dasar partisipasi warga negara : Semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan negara dan ikut berpartisipasi dalam mencapai tujuan bersama bangsa. Dalam melaksanakan hak dan kewajiban, diperlukan dasar negara untuk berpedoman agar terciptanya negara yang maju.

4) Sebagai dasar Pergaulan antara warga negara

5) Sebagai dasar dan sumber hukum Nasional : sebagai sumber hukum, Pancasila berperan sebagai pengawas dalam penyelenggaraan aktivitas negara dan warganya.

Penjelasan: Pancasila sebagai dasar negara Indonesia karena Pancasila merupakan sumber dari segala sumber, yang mempunyai eksistensi serta nilai-nilai yang terkandung merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara Pancasila gunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa serta negara Republik Indonesia.

Sekian…

Tinggalkan komentar