Info Beasiswa Kuliah di Kampus Swasta Indonesia

Tahun ajaran baru untuk sekolah dan kampus di Indonesia dimulai di pertengahan tahun seperti sekarang ini. Siswa kelas XI, akan naik ke kelas XII dan mulai fokus untuk persiapan Ujian Negara (UN) tahun depan. Selain itu, mereka juga mulai mencari referensi pilihan kampus terbaik serta beasiswa kuliah beasiswa kuliah, baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Untuk beasiswa kuliah, pengajuannya memang dibuka sejak jauh-jauh hari. Yakni enam bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai untuk pengajuan beasiswa perguruan tinggi dalam negeri, dan setahun sebelum tahun ajaran baru dimulai untuk perguruan tinggi di luar negeri. Oleh karenanya, siswa kelas XII harus mempersiapkan diri dan mencari info sejak mereka baru naik kelas.

Jika berbicara mengenai beasiswa kuliah untuk PTN di Indonesia, beasiswa umumnya diberikan lewat jalur Bidikmisi. Yang mana sistem dan prosedurnya sudah diatur oleh pemerintah. Lewat Bidikmisi, pelajar yang kurang mampu namun memiliki prestasi bisa meneruskan pendidikan tanpa dipungut biaya.

Sedangkan untuk PTS, beasiswa disediakan lewat Bidikmisi dan beasiswa yang memang disediakan secara mandiri oleh kampus terkait dengan berbagai macam bentuk beasiswa. Yaitu beasiswa yang membiayai seluruh biaya kuliah, beasiswa yang meringankan sebagian biaya kuliah, dan beasiswa berupa bantuan pemberian biaya hidup mahasiswa. Di Indonesia khususnya Pulau Jawa, PTS yang ada juga tak kalah berkualitas dibanding dengan PTN. Jangan khawatir soal biaya, sebab kamu bisa mengajukan beasiswa di beberapa PTS berikut ini.

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas di Bandung, Jawa Barat, yang dikenal dengan julukan Unpar ini menyediakan beberapa beasiswa. Hal ini sejalan dengan tujuan kampus yang ingin memotivasi mahasiswa agar semakin mampu mengaktualisasi dan meningkatkan kualitas diri dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Ada tiga bentuk beasiswa Unpar yang bisa kamu buru, yakni pemberian keringanan biaya studi, pemberian bantuan biaya studi, dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa peraih prestasi akademik maupun non akademik dan kepada mahasiswa yang dinilai telah memberi kontribusi positif bagi Unpar.

Pengajuan beasiswa ini bisa dilakukan saat pengisian data pendaftaran mahasiwa baru, serta pengajuan administratif atas permohonan mahasiswa yang sudah terdaftar (untuk beasiswa yang ditujukan di semester mendatang). Untuk lebih lanjut, kamu bisa kunjungi situs resminya https://pmb.unpar.ac.id/menu/beasiswa/10

Universitas Bina Nusantara

Binus merupakan PTS terkenal di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1981. Binus memiliki kampus yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya, Malang, Bekasi dan kota lainnya. Binus memiliki tiga program beasiswa untuk mahasiswa baru. Tiga program ini dibedakan berdasar jenis kampus mana yang dipilih pengaju beasiswa. Sebab, Binus memiliki tiga kampus berbeda, yakni Binus University yang memiliki jurusan kuliah beragam dengan pengantar Bahasa Indonesia, Binus International dengan kurikulum internasional dan berbahasa pengantar Bahasa Inggris, dan Binus ASO yang merupakan sekolah tinggi jurusan teknik.

Syarat untuk pengajuan beasiswa ini adalah, calon penerima beasiswa memiliki nilai rapor SMA di atas angka 75 dari skala 100, dan lolos tes Bahasa Inggris dan tes bakat. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini https://binus.ac.id/beasiswa-binus/

Universitas Telkom

Selain Unpar, Universitas Telkom juga menjadi salah satu PTS di Bandung yang menyediakan beberapa beasiswa. Bantuan beasiswa tidak hanya datang dari pihak kampus saja, melainkan juga sponsor-sponsor yang bekerjasama dengan Telkom. Sebut saja seperti APERTI BUMN, Kompas, Forum Osis Jawa Barat (FOJB), dan masih banyak lagi. Tetapi, kamu harus rutin mengecek tanggal pendaftaran beasiswa-beasiswa itu. Sebab, program ini dibuka enam bulan sebelum masa ajaran baru dimulai. Baca info lengkapnya di sini https://smb.telkomuniversity.ac.id/beasiswa-tel-u/

Universitas Pertamina

Kampus yang berlokasi di Jakarta ini juga memiliki program beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa dan mahasiswa yang kesulitan ekonomi namun memiliki prestasi akademik yang baik. Tersedia beasiswa full yang menggratiskan biaya kuliah, dan beasiswa yang memberi keringanan sebesar 50 persen. Pendaftaran beasiswa dibuka saat bulan Desember dan ditutup Maret tahun setelahnya. Prosedur pendaftaran beasiswa bisa kamu baca di link ini https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/#beasiswa-ekonomi

Itu lah info beasiswa untuk PTS di Indonesia.

Tinggalkan komentar