Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Dengan Autoptimize

Mempercepat loading suatu blog menjadi salah satu hal paling penting yang harus dilakukan oleh admin atau pemilik website. Sebab, saat ini Google telah menjadi kecepatan loading website sebagai salah satu faktor yang menentukan posisi supaya website kita bisa tampil di halaman pertama pencarian Google.

Menurut www.domainesia.com, data yang telah diterbitkan oleh Google bahwa, sebanyak 53% pengunjung website akan meninggalkan website yang memakan waktu loading lebih dari 3 detik.

Di sisi lain, akibat lamanya waktu loading (delay) bisa menyebabkan tingkat konversi pembeli jadi menurun bagi pelaku usaha.

Mempercepat Loading Blog WordPress

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pemilik website adalah membuat source code blog kita se-simple mungkin, sehingga (web browser) akan lebih cepat menampilkan website kita ke pembaca (user).

Adapun cara mempercepat loading blog WordPress adalah dengan menggunakan salah satu plugin yang bernama Autoptimize.

Plugin ini akan membantu meringankan pekerjaan Anda dalam mempercepat loading blog, yaitu dengan cara menggabungkan beberapa external JavaScript dan CSS menjadi satu, lalu memanggilnya sekali saja.

Dan lebih kerennya lagi, plugin ini juga dapat meringkas baris code pada source code HTML pada blog kita.

Kalau kalian ingin mengetahui bagaimana perbedaannya, kalian bisa pencet tomblol CTRL + U secara bersamaan, kamu tentunya sudah bisa menghitung baris code.

Oke, langsung saja kita mulai tutorial mempercepat loading blog WordPress menggunakan plugin Autoptimize, Step by stepnya sebagai berikut:

1. Install plugin Autoptimize, kemudian jangan lupa diaktifkan.

photostudio 1551100966103 - Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress Dengan Autoptimize

2. Masuk setting plugin Autoptimize dan lakukan setting seperti gambar berikut:

photostudio 1551101897683 - Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress Dengan Autoptimize

3. Ini hanya sebatas tambahan, aada bisa menonaktifkan simbol emoji ataupun beberapa pengatipen lainnya pada menu “EXSTRA”, berikut gambarnya:

photostudio 1551102049531 - Cara Mempercepat Loading Blog Wordpress Dengan Autoptimize

Pertimbangan ketika mempercepat loading blog dengan plugin autoptimize

Dengan menggunakan plugin ini, blog kamu loadingnya akan lebih cepat dari biasanya. Namun akan muncul beberapa masalah, yaitu pemakaian space hosting akan jadi lebih banyak. Sebab ada space yang akan digunakan secara otomatis untuk menyimpan berkas teroptimasi dari Autoptimize ini.

Karena plugin ini saat membantu dalam mempercepat Loading blog, saya lebih menyarankan pada kalian untuk menggunakan hosting dengan kualitas server yang tangguh. Salah satu web hosting tangguh Indonesia (lokal) dengan teknologi cloud hosting adalah www.domainesia.com/vm yang tangguh dan bisa diandalkan.

Sekian, semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

Seberapa bermanfaat informasi ini.?

Nilai / 5. Dari

Terima kasih atas nilainya

Ayo bagikan, agar lebih bermanfaat

4 pemikiran pada “Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Dengan Autoptimize”

  1. Terima kasih banget sudah share caranya, gak perlu lagi deh bayar orang untuk mengoptimalkan web ane.

Tinggalkan komentar