Cara Memilih Vps Yang Bagus

Untuk kebutuhan blogging saya lebih nyaman menggunakan layanan gratisan yang disediakan oleh Google yaitu blogger. Karena kebutuhan khusus, mengharuskan saya untuk menggunakan hosting berbayar.

Meski ada banyak jenis layanan hosting, saya lebih memilih menggunakan vps dibandingkan shared hosting. Menurut sebagian orang menggemukan Virtual Private Server (VPS) unmanaged itu lebih ribet.

Hal itu memang benar, karena memerlukan waktu beradaptasi dan belajar untuk bisa menggunakan VPS.

Nah, pertanyaan dasar yang sering muncul saat ingin menyewa VPS adalah, dimana dan bagaimana cara memilih VPS yang baik dan bagus? Berikut ulasan lengkapnya

1. Traffic website

Tahap pertama dalam memilih Vps, anda perlu mempertimbangkan aspek internal dan eksternal. Contoh website Anda memiliki traffic mayoritas berasal dari Indonesia, maka dalam hal ini pilihan terbaik untuk website Anda adalah VPS Indonesia (IIX)

2. Sumberdaya dan Teknologi

Jika Anda membeli layanan VPS, anda harus pastikan layanan VPS tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru. Dengan teknologi terbaru, hal itu akan memudahkan Anda dalam mengelola website.

3. Memperhitungkan Bandwidth dan Kecepatan Server

Untuk menghindari biaya tambahan karena kekurangan bandwidth, sebaiknya anda menghitung kebutuhan bandwidth untuk website anda sebelum membelinya.

Jika bandwith mengalami limit, maka website anda tidak bisa dibuka oleh pengunjung, sehingga akan berdampak pada income.

Agar Anda terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan, kamu dapat menghitung kebutuhan bandwidth dengan rumus berikut:

Misalkan, website anda memiliki 1000 pengunjung setiap harinya, dan setiap halaman pada website berukuran 500kb :

500 X 1000 X 30 = 15.000.000 atau 15gb

Maka dengan perhitungan diatas, aada membutuhkan BW pada VPS setidaknya adalah 50 GB setiap bulannya.

4. Dukungan Pelanggan

Sebagai pelanggan layanan hosting VPS terbaik Indonesia, Anda harus mendapatkan dukungan atau support kapanpun Anda membutuhkannya. Dimanapun anda membeli layanan vps, pastikan Anda terlayani dengan baik sehingga setiap permasalahan dalam pengelolaan hosting dapat terselesaikan dengan cepat.

5. Aspek Keamanan

Sebelum membeli vps, pilihlah provider yang menawarkan sistem keamanan bagus. Anda tentunya tidak ingin website yang selama ini Anda bangun dengan gigih dan telah menghabiskan banyak waktu di retas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Menurut www.domainesia.com/vm keamanan harus menjadi prioritas setiap provider hosting di dunia.

Demikian informasi tentang cara memilih Vps yang baik, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda dalam memilih vps.

Tinggalkan komentar