Cara Membuat Brand Clothing Sendiri

Bisnis Clothing ahir ahir ini mulai menjamur dikalangan anak muda terutama kalangan mahasiswa untuk membantu mencukupi kebutuhan hidup. Hal tersebut tidaklah salah, pasalnya clothing line sendiri merupakan bisnis atau usaha yang menjanjikan. Jika anda mempersiapkan dengan matang usaha ini, untuk sukses diusaha ini juga bukan hal yang tidak mungkin.

Untuk membuat brand clothing sendiri yang memulai dari awal memang sedikit lebih berat. Pasalnya banyak hal – hal yang perlu disiapkan dan direncanakan dengan matang. Brand Clothing akan menjadi sukses jika anda bisa menemukan slera pembeli dipasaran. Nah, berikut akan saya sampaikan mengenai Cara Membuat Brand Clothing Sendiri mudah dan tidak ribet.

1. Tentukan Nama Brand/Produk

Menentukan nama brand akan menjadi hal yang paling penting. Pasalnya, pemilihan nama brand yang simple, mudah dilafalkan dan unik akan membekas dipikiran pembeli. Jangan gunakan nama brand yang terlalu panjang serta sulit dalam pelafalannya. Dianjurkan nama brand dalam satu kata dan menggunakan pemilihan abjad yang simple.

2. Desain Logo dan Produk

Setelah menemukan nama brand yang cocok, cara membuat brand clothing sendiri yakni membuat desain logo dan produk yang akan dijual. Jika anda mahir dalam desain grafis, maka hal ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Pasalnya, jasa desain logo, jasa desain clothing, jasa desain brosur dan lain – lain biasanya mematok harga yang cukup tinggi. Namun, jika anda bisa melakukannya sendiri akan lebih mengehmat waktu dan biaya.

Untuk desain logo anda harus memikirkan nilai yang terkandung dan juga nilai estetika. Jangan terlalu ribet atau aneh serta gunakan maksimal 2 pemilihan warna. Sedangkan untuk desain produk clothing hal ini memerlukan kreatifitas tinggi. Usahakan desain clothing yang anda gunakan berbeda dari yang lainnya agar memberikan kesan bukan barang “pasaran”.

3. Bahan dan Alat Produksi

Selanjutnya yang perlu anda lakukan yakni mencara bahan produksi kain. Pintar – pintarlah dalam memilih kain lakukan perbandingan dengan toko yang lainnya sehingga anda mendapatkan harga yang paling murah. Jika anda Clothing anda hanya bergerak dibidang kaos saja, anda bisa membeli kaos yang sudah jadi dengan berbagai bahan.

Pembelian dalam kualitas banyak memungkinkan untuk menghemat biaya karna akan mendapatkan potongan harga.

Alat produksi juga harus anda persipakan. Terdapat 2 cara untuk melakukan sablon kaos yakni menggunakan alat konveksional dan digital. Jika anda niat dan memiliki modal yang cukup besar dianjurkan untuk menggunakan alat digital.

Selain proses lebih cepat juga tidak memakan waktu yang lama. Kekurangannya yakni harga yang lumayan mahal, untuk harga mesin sablon kaos digital dikisaran 4 juta – 8 juta. Sedangkan jika anda menggunakan cara konveksional hanya menghabiskan modal kurang dari 1 juta saja.

4. Pemasaran Produk

Jika semua sudah siap, tahap terahir membuat brand clothing yakni melakukan pemasaran/marketing. Teknik pemasaran yang cepat dan tepat sasaran yakni melakukan promosi dimedia sosial. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa desain brosur apabila tidak memiliki kemampuan desain grafis. Kemudian disebarkan ke generasi muda atau ditempelkan ditempat – tempat strategis yang banyak dikunjungi anak muda.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Brand Clothing Sendiri, dalam melakukan usaha/bisnis memang mudah – mudah susah. Apalagi jika anda membangun dari awal dan dengan modal yang minim. Akan tetapi, jika bersungguh – sungguh dan konsisten menjadi sukses bukanlah mustahil.

Tinggalkan komentar