Berikan Contoh Bentuk Bentuk Pelanggaran Hak Negara Oleh Warga Negara

Pengertia pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja atau tidak disengaja atau kelalaian yang melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi, atau mencabut hak asasi maniman seseorang atau sekelompok yang dijamin oleh undang-undang, dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak  memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Baca juga: jenis pelanggaran hak asasi manusia

Contoh kasus pelanggaran HAM

Berikut ini dipaparkan beberapa contoh pelanggaran HAM yang menjadi sorotan Nasional bahkan internasional. Namun contoh-contoh berikut harus kalian cermati mana yang tergolong pelanggaran HAM berat dan mana yang tergolong pelanggaran HAM biasa.

a. Kasus Pembunuhan Munir

Munir Said Thalib bukan orang sembarangan, dia adalah aktifis HAM yang pernah menangani beberapa kasus pelanggaran HAM. Munir lahir di Malang, 8 Desember 1965. Munir pernah menangani kasus pelanggaran HAM di Indonesia, seperti kasus pembunuhan Marsinah, Kasus Timor-timur, dan masih banyak lagi. Munir meninggal pada tanggal 7 September 2004 di pesawat Garuda Indonesia, ketika ia sedang melakukan perjanjian menuju Amsterdam, Belanda.

b. Pembunuhan Aktifis Buruh Wanita, Marsinah

Kasus ini berawal dari unjuk rasa dan pemogokan yang dilakukan oleh buruh PT.CPS pada tanggal 3-4 Mei 1993. Aksi ini berbuntut di PHK-nya 13 buruh. Marsinah menuntut PHK yang menimpa kawan-kawannya. Pada tanggal 5 Mei 1993, Marsinah ‘menghilang’ dan akhirnya pada 9 Mei 1993, Marsinah ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan di hutan Wilangan Nganjuk.

c. Kasus Trisakti dan Semanggi (1998)

Kasus Trisakti dan Semanggi terjadi pada tanggal 13 Mei 1998, terkait dengan gerakan reformasi. Arah gerakan reformasi adalah untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam berbangsa dan bernegara. Gerakan ini dipicu oleh krisis ekonomi tahun 1997. Krisis ekonomi terjadi berkepanjangan karena fondasi ekonomi yang lemah dan pengelolaan pemerintahan yang tidak bersih dari KKN (KORUPSI, KOLUSI, dan NEPOTISME).

d. Kasus Bom Bali

Peristiwa peledakan bom oleh kelompok teroris di Legian Kuta Bali 12 November 2002, yang memakan korban meninggal dunia sebanyak 202 orang dan ratusan mengalami luka-luka, semakin menambah kepedihan kita. Apa lagi yang menjadi korban tidak hanya dari Indonesia, bahkan banyak dari turis mancanegara yang datang sebagai tamu di negara kita yang mestinya di hormati dan dijamin keselamatan nya.

e. Peristiwa Tanjung Priok

Kasus Tanjung Priok terjadi pada tahun 1984  antara aparat dengan warga sekitar yang berawal dari masalah SARA dan unsur politis.

Peristiwa ini dipicu oleh warga sekitar yang melakukan demonstrasi pada aparat dan pemerintah yang hendak melakukan pemindahan makam keramat Mbah Priok. Para warga yang menolak dan marah kemudian melakukan unjuk rasa, hingga memicu bentrokan antran warga dan aparat polisi dan TNI.

Dalam peristiwa ini diduga terlibat pelanggaran HAM dimana terdapat ratusan korban meninggal dunia akibat kekerasan dan penembakan.

f. Kasus Dukun Santet di Banyuwangi (1998)

Peristiwa beserta pembunuhan ini terjadi pada tahun 1998. Pada saat itu Banyuwangi lagi hangat-hangatnya terjadi praktik dukun santet di desa-desa mereka. Warga sekitar yabg erjumlah banyak mulai melakukan kerusuhan berupa penangkapan dan pembunuhan terhadap orang yang dituduh sebagai dukun santet, ada yang di pancung, di bacok bahkan di bakar hidup-hidup.


Selain contoh kasus tersebut, pelanggaran hak asasi manusia juga masih banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Kekerasan dalam rumah tangga.
  • Kekerasan terhadap perempuan.
  • Penganiayaan.
  • Main hakin sendiri.
  • Pelecehan seksual.

Nb. Pelanggaran hak negara oleh warga negara, sama halnya dengan pelanggaran HAM.

Seberapa bermanfaat informasi ini.?

Nilai / 5. Dari

Terima kasih atas nilainya

Ayo bagikan, agar lebih bermanfaat

Tinggalkan komentar