Alasan Jepang Membentuk BPUPKI

Pada sekitar tahun 1944 Amerika Serikat memukul mundur angkatan perang Jepang dari Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Kepulauan Marshall, menyebabkan seluruh garis pertahanan Jepang di asia Pasifik diambang kehancuran.

Amerika serikat dan sekutu terus menyerbu kota-kota di Indonesia seperti Ambon, Makasar, Manado, dan Surabaya, Tarakan dan Balikpapan.

Kerana sisa kekuatan Jepang hanya tersisa di pulau jawa yang dipimpinan oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada. Agar pasukannya tidak mengalami kekalahan Jenderal Kumakici Harada berusaha meyakinkan bangsa Indonesia tentang janji kemerdekaan di kemudian hari yang telah diucapkan oleh perdana menteri Koiso Kuniaki sebelumnya.

Tujuan dan alasan utama mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa indonesia dan seluruh negara jajahannya adalah karena Jepang ingin rakyat Indonesia tidak melakukan perlawanan dan bersedia membantu Jepang dalam melawan Amerika dan sekutunya (karena saat itu Jepang sedang mengalami masalah logistik dan peralatan perang dalam menghadapi sekutu).

Kemudian diumumkanlah pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Pada tanggal 1 Maret 1944 atau dalam bahasa Jepangnya “Dokuritsu Junbi Cosakai”.

Maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI ialah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.

Kesimpulan: Itulah penjelasan dari faktor yang mendorong Jepang mengumumkan janji kemerdekaan kepada bangsa indonesia dan tokoh yang berpengaruh didalamnya.

Sekian dan jangan lupa berikan komentar.

Seberapa bermanfaat informasi ini.?

Nilai / 5. Dari

Terima kasih atas nilainya

Ayo bagikan, agar lebih bermanfaat

Tinggalkan komentar