Alasan Bpupki Dibubarkan

Indonesia memiliki banyak sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Karena didalamnya terdapat nilai patriotisme yang sangat kuat.

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang guna merancang dasar negara.

Alasan Jepang mengapa membentuk BPUPKI:

  • Pada tanggal 1 Maret 1945 panglima tentara letnan jenderal Kamakichi haraka dari pemerintah Jepang mengumumlan telah membuat suatu badan usaha persiapan kemerdekaan Indonesia atau Dokuritsu jnbi cosakai.
  • BPUPKI memiliki tujuan untuk memfasilitasi, mendukung dan mendalami tentang hal penting yang ada perdebatannya dengan masalah politik, tata kelola Indonesia dan tentang keuangan yang dibutuhkan oleh badan pembentukaan negara merdeka Indonesia.
  • Anggota BPUPKI pada saat itu (tanggal 29 April 1945) terdiri dari 67 orang yang diketuai oleh dr. Ir Wedyodiningrat dengan 2 wakil yaitu Rp Suroso dan satu warga jepang bernama Inchibangase.
  • Upacara peresmian BPUPKI dilaksanakan dengan meriah pada tanggal 28 mei 1945.

Alasan mengapa BPUPKI dibubarkan dan digantikan dengan PPKI (Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia):

  • Pembubaran BPUPKI lalu digantikan dengan sebutan PPKI yang diketuai Ir. Sokarno dan wakilnya Drs. Moh. Hatta, anggota PPKI saat itu berjumlah 21 orang yaitu perwakilan setiap wilayah sesuai dengan propinsinya masing-masing.
  • PPKI akhirnya berjalan dan berkembang jumlah anggotanya menjadi 27 orang tanpa seijin dari pihak pemerintah Jepang.
  • BPUPKI segera dibubarkan karena gagal diluncurkan dan ingin segera memgumumkan kemerdekaan Republik Indonesia. Mendengar hal itu pihak Jepang langsung membubarkan BPUPKI dan segera menyusun langkah baru demi kejayaan negaranya yang mulai kehilangan kekuatan karena sekutu telah menyerang Jepang dengan didom atom di Hiroshima.
  • Tujuan pembentukan PPKI adalah untuk mempersiapakan segala sesuatu yang menguntungkan bagi seluruh bangsa dan pemerintah Indonesia tanpa adanya perbedaan dari bangsa lain, Tidak membantu dengan bangsa manapun, dan sebagai pintu utama untuk mengatasi kehancuran yang baru dan menghubungkan bangsa didunia pada tanggal 17 agustus 1945 bahwa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan mampu berdikari.
  • PPKI membentuk proses pendewasaan dan pengakuan yang kuat tentang Indonesia mampu berdiri dengan mandiri dan ingin terbebas dan terlepas dari segala keterikatan dari kolonialisme.
  • Konsep dasar negara indonesia dan rancangan undang-undang dibuat tanpa adanya campuran tangan bangsa jepang dan segera disahkan sebagai landasan bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang merdeka.
  • Pada tanggal 15 Agustus 1945 Indonesia bersorak bahagia karena mendengar kabar dari radio di Jakarta bahwa kaisar Hirohito dari Jepang mengumumkan penyerahan Jepang pada sekutu.
  • Mereka berhenti setelah sekutu menjatuhkan bom atom tanggal 9 Agustus 1945 dikota Nagasaki dan Hiroshima yang menyebabkan Jepang luluh lantah dan tidak berdaya lagi.
  • Tanggal 17 Agustus 1945 akhirnya mewakili bangsa Indonesia Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia yang sah untuk seluruh rakyat Indonesia.

Catatan penting:

  • Jika kita mengetahui sejarah awal dari kemerdekaan bangsa Indonesia, tentu sangat memilukan dan menyayat hati.
  • Orang orang masa kini hanya tinggal mengeruk keuntungan dari para pejuang yang dulu bahu membahu melawan penjajah, dan mempertaruhkan nyawa meraka demi Indonesia merdeka dan bebas dari kolonialisme.
  • Kita harus berterima kasih pada para pahlawan yang telah rela mati matian berjuang demi kemerdekaan tanah air.

Sekarang, kita tidak perlu lagi berperang, bersusah payah, berlari dan berteriak melawan deru suara senjata dan sebagainya.

Yang harus kita lakukan sekarang hanyalah menjaga kebebasan dan keutuhan ini dengan sebaik mungkin, karena merebutnya itu membutuhkan perjuangan yang besar.

Sekian

Tinggalkan komentar